Sistem Web based muncul karena meningkatnya pengguna internet di seluruh dunia. Sistem web based ini menggunakan bahasa HTML, PHP, CSS, JS dan membutuhkan web server serta browser untuk menjalankannya seperti Chrome. Sehingga, perlu adanya koneksi internet untuk mengakses web based.

Pentingnya Sistem Web Based bagi Pemerintah

Pemerintah menggencarkan pelayanan melalui web based guna menyelaraskan instansi menjadi terintegrasi satu data. Sehingga pelayanan publik dapat diberikan secara efektif dan efisien.  

Situs web Pemerintah dapat dikatakan sebagai salah satu media informasi dan komunikasi dari suatu Pemerintah  kepada masyarakat/publik mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan daerah/kebutuhan yang bersangkutan.

Contoh Penerapan Sistem Web Based

Peneran sistem web based dari pemerintah atau e-government telah banyak berinovasi sehingga memudahkan kinerja pada pemerintahan. Berikut beberapa contoh bentuk penerapannya :

1. Sistem Informasi Tera Ulang “Kang Jimbang”

Kang Jimbang merupakan web based yang memuat informasi tera ulang yang digunakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Blitar. Penggunaan sistem Kang Jimbang diperuntukan untuk memvalidasi data kegiatan tera yang dilakukan kepada pedagang pasar di Kabupaten Blitar. Namun, penggunaan sistem ini hanya diperuntukkan bagi pihak berwenang karena berkaitan dengan input data yang krusial. Sehingga, pihak luar yang tidak memiliki akses tidak bisa masuk pada sistem ini karena dilengkapi dengan ID pengguna serta password yang terdaftar pada sistem. Namun, kalian dapat melihat fitur-fitur dari sistem ini dengan membaca artikel dibawah ini :

https://lumbunginovasi.com/2022/04/08/sistem-informasi-tera-ulang-kang-jimbang/?preview_id=509&preview_nonce=b7bb17f421&preview=true

Sistem informasi “Kang Jimbang” merupakan produk dari CV. Lumbung Inovasi yang didesain atas permintaan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Blitar. Kami melayani pembuatan sistem web based bagi kebutuhan Anda. Langsung konsultasikan sekarang juga dan kami siap memberikan pelayanan terbaik bagi anda https://lumbunginovasi.com/

2. Web Desa Serang Kabupaten Blitar

Web Desa merupakan representasi pemerintah desa di dunia digital, khususnya internet. Di dalam web desa biasanya memuat informasi-informasi terkait implementasi kegiatan yang ada pada desa tersebut. Dengan web desa diharapkan mampu untuk mendapatkan kemudahan dalam mengakses informasi desa tersebut melalui internet. Salah satu contoh web desa adalah https://serang-blitar.desa.id/

Keuntungan yang didapat dengan membangun web desa antara lain :

  1. Mendigitalkan proses pelayanan dan administrasi desa.
  2. Mempermudah perangkat desa untuk mengerjakan pelayanan dan administrasi terhadap masyarakat.
  3. Melakukan transparansi komunikasi secara vertikal antara masyarakat dengan pemerintah desa dan publik.
  4. Menambah unit usaha BUMDes atau Badan Usaha Millik Desa
  5. Mengembangkan sistem ekonomi kreatif dari masyarakat desa lewat e-Bisnis Desa sekaligus meningkatkan usaha makro atau mikro masyarakat desa
  6. Menambah Pendapatan Asli Desa yang biasa disebut sebagai PADes

Nah banyak sekali kan manfaat yang diberikan dengan membuat web based bagi pemerintah. Namun, penggunaan web based juga sangat penting bagi pelaku bisnis untuk lebih memperkenalkan produknya pada konsumen. Untuk itu, jika kalian mengalami masalah dalam pembuatan sistem web based ataupun mengenai web desain langsung aja konsultasikan kepada kami!