Apa itu NodeMCU ESP 8266

NodeMCU ESP8266

NodeMCU ESP 8266 adalah sebuah mikrokontroller yang berbasis chip ESP 8266 memiliki konektivitas pada WiFi. Sehingga, NodeMCU sering kali digunakan pada proyek IoT karena tidak perlu ribet memasangkan usb uart ke perang modul ESP8266 tersebut.

Di dalam Modul ESP 8266 terdapat beberapa I/O yang dapat dikembangkan dalam proyek controlling atau monitoring pada proyek IoT. NodeMCU memiliki fungsi yang hampir sama dengan Arduino namun yang membedakan adalah secara otomatis NodeMCU sudah terkonektivitas dengan internet.

Untuk menggunakan NodeMCU ESP8266 kamu perlu memprogramnya terlebih dahulu agar dapat diisi oleh perintah. NodeMCU memiliki program yang sama dengan arduino yaitu memakai Arduino IDE. Untuk melakukan instalasi NodeMCU pada Arduino IDE kamu dapat melihatnya disini.

Pengertian IoT

IoT atau Internet of Things adalah sistem controlling atau monitoring yang memerlukan konektivitas internet. Singkatnya, dengan IoT kamu dapat menyalakan lampu rumah dengan HP yang terkonektivitas internet.

Cara kerja dari IoT adalah dengan hardware dan software yang terhubung secara otomatis tanpa ada campur tangan user dalam jarak berapapun. Sistem dasar dari IoT terdiri dari 3 hal yaitu :

a. Hardware/fisik (Things)
b. Koneksi Internet
c. Cloud Data Center, tempat untuk menyimpan atau menjalankan aplikasinya

Perbedaan NodeMCU ESP 8266 dengan Arduino

Perbedaan mendasar antar NodeMCU ESP8266 dengan Arduino adalah konektivitasnya pada WiFi. Secara otomatis, NodeMCU akan terhubung pada internet namun pada Arduino jika ingin dihubungkan ke internet harus ditambahkan terlebih dahulu dengan memasangkan modul ESP8266.

NodeMCU ESP 8266 memiliki satu tegangan output sebesar 3,3 volt DC sedangkan pada Arduino memiliki 2 tegangan dengan besar 3,3 volt DC atau 5 volt DC.

Pada Arduino output pin digital ini mempunyai tegangan 5 Volt saat logika HIGH dan 0 Volt saat logika LOW. Berbeda dengan pin Digital pada NodeMCU yang mempunyau tegangan output 3,3 Volt ketika logika HIGH dan 0 Volt ketika logika LOW.

Input maksimal pada pin analog NodeMCU ini hanya 3,3 Volt sehingga mempengaruhi pembacaan sensor tertentu. Sementara itu pin Analog pada arduino mempunyai input maksimal 5 Volt DC.

Apakah kamu sudah paham mengenai NodeMCU ESP8266? dan tertarik untuk memulai projek IoT mu? Kami menyediakan komponen ESP8266 pada Toko Arduino Blitar, CV Lumbung Inovasi di Jl. Ir. Soekarno No. 36 Blitar. Atau kamu bisa mengunjungi marketplace kami di Shopee, Tokopedia, Lazada dengan keyword Lumbung Inovasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *