Apa itu Situs Web?

Situs web atau yang sekarang biasa disebut dengan website merupakan kumpulan halaman yang berisikan informasi yang dapat diakses oleh semua orang melalui jaringan internet. Website merupakan bentuk peningkatan penggunaan internet diseluruh dunia. Dapat diketahui jumlah website saat ini mencapai 1,9 miliar dan akan terus bertambah seiring perkembangannya.

Situs Web yang awalnya hanya digunakan secara pribadi (menulis cerita) kini, menjadi sebuah kebutuhan bisnis. Hampir seluruh bisnis diluar sana menggunakan website sebagai media informasi dan promosi. Seperti misalnya pada brand lokal Erigo yang menjalankan bisnis dibidang appareal.

Arduino Blitar

Fungsi dari Situs Web

Situs web memiliki fungsi yang beragam. Berikut diantaranya :

Jika kamu suka mencoba hal baru, bisa kamu tulis dan bagikan pengalamanmu melalui website. Seperti contohnya travelling, memasak, berkebun ataupun gaya hidup sehat.

Dengan begitu kamu dapat berinteraksi dengan pembaca diluar sana dan dapat menemukan orang dengan ketertarikan yang sama. Jika kamu beruntung bisa mendapatkan uang dari menulis web loh!

Saat ini seluruh bisnis dari yang sudah memiliki skala besar sampai skala kecil pun menggunakan website sebagai media penting dalam promosi. Di dalam website kamu juga dapat menggunakan landing page sebagai media untuk berjualan produkmu. Contohnya saja CV. Lumbung Inovasi yang memanfaatkan website sebagai promosi dan branding.

Arduino Blitar

Hampir seluruh layanan publik sekarang beralih kepada website. Alasannya karena pengguna internet menjadi lebih banyak serta dengan menggunakan website data menjadi terintegrasi menjadi satu dan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan publik dimana saja dan kapan saja. Seperti contohnya pelayanan SKCK Online

Tips & Trik Mengolah Website

Nah, dalam membuat situs web kamu harus memperhatikan beberapa hal dibawah ini. Gunanya agar website mu terlihat menarik dan banyak dikunjungi oleh pembaca.

Berkreasi dengan Desain Web

Desain web sangat diperlukan untuk membuat websitemu semakin banyak dikunjungi. Kamu harus memperhatikan layout, kombinasi warna serta font yang akan digunakan.

Layout (tampilan) yang baik adalah layout yang simple, menarik dan tidak membingungkan pembaca. Misalnya nih, kamu membuat layout iklan berdampingan dengan konten yang kamu buat. Pastinya, pembaca akan terganggu dengan pop up iklan yang terus muncul dan malas akan membaca kontenmu sampai habis.

Kombinasi warna juga sangat diperlukan. Bisa dibayangkan jika kamu mengunjungi suatu website yang berisikan warna-warna mencolok pasti akan membuat mata kalian tidak nyaman. Inspirasi kombinasi warna yang pas bisa kamu lihat di Adobe Color CC

Arduino Blitar

Font juga sangat berpengaruh lo. Untuk membuat kontenmu tersampaikan pada pembaca maka font yang digunakan harus dapat dibaca dengan nyaman. Jangan membuatnya terlalu berlebihan dan font harus berukuran tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil

Buatlah konten yang menarik (SEO Friendly)

Setelah menarik pembaca dengan desain visual kamu juga harus menariknya menggunakan isi kontenmu. Sesuaikan isi kontenmu sesuai dengan kaidah SEO dengan memasukkan kata kunci yang relevan.

Tampilan Mobile Friendly

Saat ini penggunaan internet paling banyak melalui HP sehingga kamu juga harus menyesuaikan tampilan websitemu dengan perangkat smartphone. Karena tampilan yang kamu desain di perangkat komputer belum tentu sama dengan yang ditampilkan di smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *