Apa sih branding itu?

Secara singkat pengertian branding adalah suatu hal yang membedakan kita dengan pesaing lain. Branding menjadi identitas yang membuat toko kamu berbeda dengan toko lain yang menjual produk sejenis sepertimu. Seperti halnya toko Lumbung Inovasi yang memiliki branding di shopee toko arduino blitar dengan harga yang murah dan berkualitas yang juga melayani free konsultasi terhadap proyek arduino.

Menentukan branding yang tepat

Branding yang tepat dapat membuat konsumen menyerahkan kepercayaan pada toko mu. Nah, berikut adalah hal-hal yang dapat kamu telusuri untuk membangun branding yang kuat pada toko shopee-mu!

1. Menentukan target market

Target market merupakan sekelompok orang yang menjadi target penjualan produkmu. Sebelum menentukan target market kamu perlu mempertimbangkan variabel segmentasi pasar seperti dibawah ini :

Contoh target market dalam bidang fashion seperti dibawah ini

2. Membentuk Brand Personality

Brand personality terbentuk dari nama toko. Jangan ngasal dalam memberikan nama pada toko-mu karena nama merupakan hal pertama yang diingat oleh konsumen, representasi dari bisnismu, identitas yang akan membedakan dengan toko lain.

Pertimbangan dalam menentukan nama toko :

3. Membentuk Brand Identity

Brand identity terbentuk dari tampilan visual toko. Dengan tampilan toko yang menarik maka kamu dapat menyakinkan pelanggan untuk membeli produkmu.

Tips tampilan visual toko yang menarik

4. Ciptakan Magnet Brand dengan Experience

Dalam konteks ini kamu perlu “sesuatu” yang dapat mengubah transaksi menjadi experience. Sebagai contoh adalah brand X yang memberikan experience kepada customer dalam hal packaging yang dibuat seperti bungkus makanan cepat saji.

Tipsnya kamu bisa menambahkan thank you card pada paket yang kamu kirim untuk menambahkan unboxing experience pada customer.

5. Bangun kepercayaan dari pelayanan

Berikan pelayanan terbaik terutama saat membalas pesan dari pelanggan. Jangan menggunakan bahasa yang kasar dan sebisa mungkin gunakan bahasa yang sopan dan selalu membalas secepat mungkin pesan dari pelanggan

6. Konsistensi pada branding

Setelah melakukan semua hal diatas kamu harus menjaga branding secara konsisten karena dapat membangun kesetian dan keroyalan konsumen, mudah di ingat dan ditemukan dan dapat memperkuat branding.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *