Apa itu IOT?

IoT atau biasa disebut dengan Internet of Things merupakan wujud kemajuan dibidang teknologi.

Pernahkah kamu melihat orang menyalakan lampu hanya dengan gerakan tangan seperti tepuk tangan atau ketika kamu dapat mengendalikan volume TV/ AC hanya dengan smartphone mu tanpa perlu menyentuh perangkat tersebut. Konsepnya dimana seluruh device terkoneksi satu sama lain atau istilahnya machine-to-machine atau M2M. Sehingga, devices yang digunakan ini diharapkan dapat membantu kerja manusia dalam menyelesaikan berbagai urusan atau tugas yang ada.

Penerapan IoT di segala bidang

Penggunaan IoT ini sudah sangat sering ditemukan disekitar kita. Berikut beberapa penerapannya di berbagai bidang :

Kesehatan

Pada bidang medis kita sering menjumpai pemeriksaan yang menggunakan suatu alat untuk mendeteksi detak jantung, hingga tekanan darah. Kemajuan teknologi memberikan keuntungan yang lebih bagi kita para manusia untuk meringankan beban pekerjaan kita. Contoh lainnya adalah penemuan smarth watch yang dapat mendeteksi detak jantung ketika selesai berolahraga hingga kalori yang terbakar saat melakukan olahraga tersebut. Tentunya ini akan memberikan informasi yang akurat bagi kita.

Perkebunan dan pertanian

Penemuan IoT di bidang perkebunan pastinya akan sangat menguntungkan bagi pihak petani. Sebagai contoh alat pendeteksi suhu yang biasa ditemukan pada petani jamur. Alat itu akan bekerja mendeteksi suhu dan kelembaban pada ruangan tersebut. Karena yang seperti kita tahu tanaman jamur sangat sensistif terhadap kelembaban sehingga harus selalu dipantau dan diatur kelembaban yang pas agar tetap tumbuh subur.

Smart Home

Dikatakan smart home karena perangkat yang ada pada dirumah tersebut bekerja secara otomatis. Seperti pintu pagar otomatis yang menggunakan sensor didepan pagar sehingga pemilik rumah tidak perlu membuka atau menutup pintu pagar ketika keluar rumah. Atau yang biasa kita temukan adalah menyalakan lampu menggunakan sebuah kartu yang sering digunakan pada hotel-hotel tertentu

Tertarik dalam membuat proyek IoT pertama mu? Konsultasikan dengan kami sekarang juga!

Mikrokontroler yang sering digunakan pada IoT

Arduino

Arduino blitar

Arduino merupakan sebuah perangkat embedded sederhana yang paling umum digunakan untuk mempelajari sistem IoT dari segi pengendalian dan komunikasi pada perangkat keras. Untuk dapat berkomunikasi dengan perangkat lain dibutuhkan modul komunikasi seperti Ethernet, WiFi dan Bluetooth sehingga dapat terhubung dengan smartphone atau perangkat lainnya.

ESP8266

Arduino blitar

ESP8266 sering digunakan pada beberapa project dengan alasan karena mikrokontroler ini sudah memiliki konektivitas dengan modul wifi sehingga tidak perlu tambahan lain untuk connect wifi.

Raspberry Pi

Arduino blitar

Raspberry Pi adalah salah satu perangkat memiliki fitur yang cukup lengkap karena selain dapat digunakan untuk mengendalikan komponen dan sensor perangkat, juga dapat digunakan sebagai sebuah mini PC dengan sistem operasi berbasis Linux yang disebut Raspbian OS dan juga ada Windows. Selain itu, pada perangkat ini juga telah dilengkapi untuk komunikasi Ethernet, WiFi dan Bluetooth.

Jika kamu ingin mencoba membuat proyek IoT pertama-mu dan masih belum mengerti komponen apa yang kamu butuhkan serta langkah membuatnya. Tenang saja! Kamu bisa mendapatkan semua keperluan komponen disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *