Platform IoT digunakan sebagai mengumpulkan data dari berbagai sumber, menyimpan data, menampilkan data, mengontrol perangkat, mengelola inventory perangkat dan lain-lain. Dengan menggunakan platform IoT diharapkan mampu untuk memudahkan perancangan alat IoT secara efisien,mudah dan tidak memakan banyak waktu. Dipostingan kali ini mimin akan kasih rekomendasi platform IoT yang banyak digunakan dan dapat diakses secara gratis loh! Namun perlu diingat bahwa beberapa fitur hanya bisa diakses secara premium artinya kamu perlu membayar untuk menggunakan beberapa fitur khusus.

Rekomendasi Platform IOT Gratis!

Blynk

Blynk merupakan platform yang paling sering digunakan oleh para developer. Alasannya karena platform ini simple dan mudah digunakan dengan fitur andalannya drag and drop sehingga kamu bisa memindahkan dan meletakkan pemograman. Keunggulan blynk yaitu respon yang sangat cepat, pengiriman data ke server dan proses diterima ke smartphone sangat cepat serta pemakaian data yang dipakai sangat sedikit sehingga akan mengirit kuota mu. Aplikasi blynk bisa kamu dapatkan di Google Play Store.

Firebase

merupakan layanan yang disediakan oleh google untuk mengembangkan sebuah aplikasi berbasis IoT. Perlu diketahui jika firebase lebih berbasis pengembangan sebuah aplikasi. Beberapa fitur firebase yang dapat kamu dapatkan secara gratis yaitu :

Analytics menyajikan data terkait perilaku pengguna aplikasi Android dan iOS agar memudahkan kita mengambil keputusan yang lebih baik tentang produk dan mengoptimalkan pemasaran. Lihat data error, efektivitas notification, performa deep link, data pembelian dalam aplikasi, dan lain-lain.

Untuk Menyimpan dan sinkronkan data antara pengguna dan perangkat secara realtime menggunakan database noSQL yang dihosting secara cloud.

Untuk mengelola pengguna dengan cara yang mudah dan aman dengan menawarkan beberapa metode autentikasi, termasuk email/sandi, penyedia pihak ketiga seperti Google atau Facebook, atau langsung menggunakan sistem akun yang sudah ada.

Untuk menyimpan dan membagikan gambar, audio, video, atau konten lainnya.

Memudahkan hosting web statis dengan fitur yang dibuat khusus untuk aplikasi web modern serta memberi sertifikat SSL gratis.

Thingspeak

merupakan platform open source IoT untuk menyimpan dan mengambil data dari hal menggunakan protokol HTTP melalui internet atau melalui LAN. Thingspeak dapat mendukung beberapa perangkat misalnya Arduino, Raspberry Pi, hingga ESP. ThingSpeak memiliki beberapa fitur yaitu:

Jika kamu kesulitan dalam menjalankan platform diatas silakan konsultasikan kepada kami. Free loh, jadi tunggu apalagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *