Apa itu TopAds?

Pasti bagi seller tokopedia sudah tidak asing mendengar kata-kata TopAds yaitu merupakan fitur periklanan yang diberikan tokopedia kepada seller untuk meningkatkan eksposur produk & toko ke pembeli yang berpotensial.

Tips Bidding Ads

1. Pasang bid seminimal mungkin/rendah

Ketika pertama kali beriklan pilihlah bid yang rendah. Karena jika kamu memasang bid yang tinggi dengan harapan bahwa produkmu akan tampil dibarisan paling atas maka pemikiranmu itu salah.

Iklan produk yang muncul pada barisan atas belum tentu memasang bid yang tinggi. Bisa saja bid yang dipasang lebih murah bahkan harga minimum yang dipasang oleh tokopedia.

Pertanyaannya mengapa jika bid yang dipasang minim tetapi produk bisa muncul pada barisan teratas?

Jawabannya adalah karena mungkin saja produk tersebut memiliki traffic yang bagus seperti sudah banyak dibeli oleh customer atau telah memiliki banyak ulasan yang positif.

Rekomendasi bid yang bisa kamu pasang pada iklanmu adalah kisaran 300-400 per kliknya. Jangan pasang bid terlalu tinggi atau kamu akan mengalami boncos pada biaya iklanmu.

Atau pilihlah bid seminimal mungkin dengan mengikuti rekomendasi dari tokopedia misal bid minimum yang dipasang adalah sebesar 350/klik ya kamu bisa pasang bid sebesar itu untuk iklanmu.

2. Buat group berisikan produk sejenis

Pada saat beriklan kamu akan memilih produk mana saja yang ingin kamu iklankan dan menggabungkannya menjadi satu grup. Di dalam group ini kamu harus mengelompokkan produk yang sejenis. Karena ini akan memengaruhi kata kunci apa yang akan kamu pasang pada iklan.

Misalnya kamu menjual pakaian dan ingin mengiklankan blouse wanita. Kamu bisa menambahkan seluruh produk blouse mu menjadi 1 group untuk di iklankan. Jangan sampai kamu membuat group blouse wanita dan menambahkan produk sepatu. Karena itu akan mempengaruhi performa iklanmu.

Jika kamu hanya memiliki satu jenis produk saja kamu bisa membuat 1 grup untuk 1 jenis produk sehingga kamu akan memiliki grup yang banyak untuk iklanmu.

Pada awal beriklan lebih baik kamu fokus pada 2-3 produk yang berpotensi memiliki traffic yang baik. Dengan mengoptimalkan 2-3 produk tersebut profit yang kamu dapatkan akan lebih menguntungkan daripada kamu memasang iklan 10 produk yang tidak potensial.

3. Pasang minimal 6 kata kunci

Sebelum menemukan kata kunci ada baiknya kamu mengoptimasi dari judul produk sesuai kata kunci yang nantinya akan dipasang. Tips and trik optimasi bisa kamu lihat disini.

Saat kamu memilih kata kunci pastikan terdiri dari 2 kata jangan hanya 1 kata.

Misal produkmu tas selempang pria dan kamu hanya memasang kata kunci tas saja maka jika ada orang yang mencari kata kunci tas gantung anak produkmu akan muncul karena kamu hanya memasang kata kunci tas saja. Produkmu akan muncul ribuan kali padahal yang mereka cari belum tentu tas selempang pria. Dan biaya iklanmu akan membengkak atau boncos karena hal ini.

Tipsnya pilihlah kata kunci yang mencerminkan produkmu secara spesifik. Misalnya pilih tas selempang pria atau tas pria. Lalu pilihlah minimal 6 kata kunci untuk 1 grup. Kamu bisa menganalisa mengenai kata kunci yang tepat setelah iklanmu berjalan minimal 3 hari. Dari situ akan diperoleh data mana kata kunci yang tepat yang dapat mendatangkan traffic atau kata kunci yang kurang cocok dan sedikit dicari oleh customer. Kamu bisa menganalisa dan mengubah kata kunci yang lebih cocok untuk iklanmu.

Menemukan Kata Kunci

Untuk membuat iklan dengan performa yang baik kamu harus menemukan kata kunci yang tepat untuk setiap grup yang akan di iklan kan. Kamu dapat menggunakan tips and trik seperti dibawah ini :

Melalui fitur iklan TopAds

Untuk kamu yang masih bingung ingin memasang kata kunci apa pada iklanmu. Tenang aja Tokopedia sudah memberikan fitur yang akan merekomendasikan kata kunci yang cocok pada setiap produkmu. Rekomendasi ini juga dilengkapi dengan analisis dari tokopedia mengenai kata kunci yang sering dipakai oleh seller lain.

Tips jika kamu memilih kata kunci rekomendasi Tokopedia :

Melalui wawasan pasar

Jika kamu masih merasa kurang dengan rekomendasi dari TopAds Tokopedia kamu bisa mencoba melihat rekomendasi kata kunci pada wawasan pasar yaitu dengan memilih wawasan pasar dan pilih kata kunci lalu masukkan produk yang ingin kamu cari kata kuncinya.

Misal lampu motor maka Tokopedia akan memberikan data terupdate mengenai pencarian kata kunci yang sering dicari.

Tipsnya dalam memilih kata kunci melalui wawasan pasar :

Gimana? Mudah bukan memasang iklan di TopAds Tokopedia. Pasang iklanmu dan datangkan keuntungan yang lebih banyak pada tokomu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *